Kamis, 07 Januari 2010

Jules Verne "Si Pencipta Fiksi Ilmiah"


Jauh sebelum orang bisa terbang di udara, jangankan di antariksa, banyak penulis yang sangat imajinatif telah memikirkan bagaimana agar cara tersebut dapat dilakukan. Jules Verne telah membuat ide- idenya yang liar itu seolah- olah bisa dilaksanakan.
Dia anak seorang pengacara. Dia menghentikan sekolahnya dalam bidang hukum karena berkeinginan untuk menulis, mula- mula teater. Kemudian dia menulis serangkaian kisah petualangan fantastis yang dimulai dengan Lima Minggu dalam Sebuah Balon pada tahun 1863. Buku berikutnya yang ia tulis adalah Perjalanan Menuju Pusat Bumi. Buku ini sangat populer di kalangan masyarakatsemua umur bahkan telah difilmkan(Bagus banget!! Wajib nonton nih.......!! Apalagi yang terbaru Journey to the Center of The Earth 3D!!! Wow. It’s wonderful!!). Kisah- kisah dalam buku yang ditulis oleh Jules Verne ini sangat menarik dengan latar belakang temapt- tempat yang luar biasa seperti di bawah laut, di angkasa, di dalam gunung berapi. Orang- orang abad ke 19 memang sangat keranjingan sains. Verne bukanlah seorang ilmuwan, tetapi dia sangat memahami huku- hokum ilmiah. Ia melukiskan segala sesuatunya dengan cermat dan membuat kisah- kisah dalam bukunya itu sangat jelas dan nyata.
Verne mengisahkan hal- hal yang bertahun- tahun kemudian sungguh- sungguh terjadi. Seakan akan dia dapat meramal. Misalnya, From the Earth to the Moon (Dari Bumi menuju Bulan) memberikan gambaran realistik yang pertama mengenai penerbangan antariksa. Tiga orang astronot ditembakkan ke bulan dengan sebuah meriam raksasa. Verne memaklumi bahwa kecepatan yang sangat tinggi dibutuhkan sekali untuk melepaskan diri dari gravitasi bumi. Ia memperkirakan kecepatan ini, yang dikenal sebagai escape velocity (kecepatan untuk melepaskan diri dari gravitasi bumi), setinggi 40.000 kilometer perjam. Perkiraannya itu benar. Dalam kisahnya itu ia menggunakan sebuah meriamkarena meriamlah satu- satunya alat yang dapat meontarkan sesuatu secepat itu. Memang, penumpang akan menjadi pipih oleh hentakan percepatan setelah ditembakkan. Dengan cara yang berbeda, gambaran Verne mengenai ketiadaan bobot dan tinggal landas sangat teliti.Dalam bukunya yang berjudul From the Earth to the Moon, ia mengisahkan samapi penjelajah- penjelajah antariksa itu berada dalam orbit mengelilingi bulan. Lanjutannya, Mengelilingi Bulan, menceritakan kembalinya mereka ke bmi. Terutama lukisan mengenai pendaratan di laut sangat sama dengan yang dilakukan oleh Misi Apollo. Keseluruhan penjelajahan itu sama dengan yang dilakukan oleh misi Apollo 8 pada tahun 1968.
Setelah berbagai kisah tentang petualangan antariksa yang dia ciptakan, di lalu menulis buku sebanyak 64 buah buku. Termasuk Dua Puluh Liga di Bawah Laut, Mengelilingi Duni dalam 80 hari. Bukunya ini sudah banyak yang diterjemahkan dalam berbagai bahasa. Jules Vere telah merintis jalan bagi para penulis fiksi ilmiah, dan telah mengilhami penemu- penemu ilmiah yang mengubah fiksi menjadi nyata.
Hebat..... hebat...... hebat......
www.google.com

1 komentar:

  1. Tolong poskan tentang perjalanan menuju pusat bumi dong kliatannya bagus....

    BalasHapus