Kamis, 07 Januari 2010

Manfaat Pembelajaran Dengan ICT (Part 1)


Pembelajaran menggunakan media ICT sudah menjadi hal- hal biasa di sekolah- sekolah unggulan. Sebelumnya perlu kita pahami dahulu tentang apa ICT itu. Dari asal katanya ICT sendiri berasal dari kata Information, Communication, dan Technology. ICT merupakan suatu tehnik modern dalam penyampaian informasi dan berkomunikasi. Dengan demikian, ICT memiliki peran yang sangat besar di dalam kehidupan sehari- hari. Kalau kita perhatikan di sekitar kita mulai dari benda- benda kecil hingga yang berskala besar semuanya tak lepas dari ICT. Contoh, dulu para guru ketika mengajar hanya melakukan komunikasi secara tatap muka dengan bermodalkan buku paket dan beberapa referensi buku lain. Tetapi sekarang ini karena kemajuan teknologi, para guru dalam menerangkan mata pelajaran menjadi lebih menarik dan mudah dimengerti siswa dengan bantuan ICT.

Hal ini, berarti bahwa pembelajaran dengan ICT akan dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi proses pembelajaran. Apalagi jika kita mengingat bahwa terdapat beberapa sekolah- sekolah di Indonesia yang telah berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional(RSBI). Secara lebih khusus, manfaat dari penggunaan ICT di dalam proses pembelajaran adalah pertama, melalui ICT proses pembelajaran menjadi lebih menarik. Para siswa tidak lagi meminta izin kepada para guru untuk pergi ke belakang untuk sekedar mencuci muka karena mengantuk pada saat jam pelajaran, ataupun bosan mendengarkan pelajaran yang diajarkan oleh guru yang bersangkutan. Kedua, siswa lebih mudah dalam memahami apa yang disampaikan oleh para guru mengingat tayangan materi yang diberikan masih terpampang di depan mata. Sehingga para siswa lebih mudah memahami dan mengerti pelajaran yang diajarkan. Ketiga, keberadaan ICT menuntut para guru dan siswa untuk tidak gagap teknologi. Keempat, pembelajaran ICT ini dapat menjadi nilai plus bagi para siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan di sekolah- sekolah favorit. Apalagi jika ingin meneruskan ke luar negeri, tentu saja pembelajaran dengan ICT tentu sudah menjadi pemandangan biasa di kalangan guru dan siswa.

10 komentar:

  1. wah... bener hya.....
    pembelajaran dengan menggunakan media ICT sangat bermanfaat......

    BalasHapus
  2. Betul..... betul....

    BalasHapus
  3. Baca dari sini!!!!! Dari part 1 hya......

    BalasHapus
  4. Pembelajaran dengan media ICT bagus sih... Tapi masalahnya cm di kota2 besar aja yang SDM nya udah mahir....

    Kalo' di kota2 kecil ya...... gitu.......

    BalasHapus
  5. Yupz..... Tapi kenapa dinamakan ICT hya????? Kok g TIK ja??????

    BalasHapus
  6. setuju deee ... ^^

    yha andai saja semua anag bisa ICT , pastinya seruu punya ...

    BalasHapus
  7. kerennn.... dan simple bgt...

    BalasHapus
  8. ICT mmg bgs klw dilksnakan dgn btl asalkan jgn disalahgunakan aja, hny kendalanya skrg msh bnyk guru yg blm bs melaksanakan ICT, tul ga????

    BalasHapus
  9. Kebetulan pas mengikuti pelatihan ICT nyasar ke blog ini. Salam kenal.

    BalasHapus
  10. hehe.. saya lama hibernasi dari blog ini. salam kenal juga ^^

    BalasHapus