Senin, 19 Agustus 2013

MENGENAL BAHASA PEMROGRAMAN

  • COMPILER

Compiler adalah suatu program computer yang berfungsi untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu menjadi program yang ditulis dalam bahasa pemrograman lain. Atau dalam arti lain berguna untuk menggabungkan beberapa program yang script-nya telah kita buat agar program utama dapat berjalan.

Adapun berbagai jenis compiler yaitu:
1. one pass compilers
2. multi pass compilers
3. load and go compiler
4. optimizing compilers



  • CODEBLOCKS

Code Blocks merupakan IDE (Integrated Development Environment) C/C++ yang bersifat open soure, cross-platform yang dikembangkan dengan C++ dan menggunakan wxWidgets sebagai UI toolkit-nya. Code Blocks juga mendukung berbagai compiler seperti GNU GCC, Intel C/C++, SDCC, Tiny C, GDC D, Digital Mars D, GNU ARM GCC, GNU AVR GCC, GNU GCC for PowerPC, GNU GCC for TriCore, tersedia pula konfigurasi masing-masing compiler dengan GUI. Code::Blocks juga dapat berjalan dengan baik di Windows, Linux, FreeBSD dan Mac OS X.
Adapun langkah untuk mempersiapkan Code Blocks supaya sang kompilator dapat ditulisi baris program dan menjalankannya dengan benar.

1. BPertama, buka Code Block. Pada Menu bar, pilih File > New > Project.

2. Pada jendela New from template, pilih Files dan klik 2 kali pada C/C++ Source. Selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih jenis bahasa pemrograman yang akan digunakan. Karena kita akan mempelajari bahasa C secara khusus, maka Anda pilih 'C' lalu klik Next >.

3. Selanjutnya Anda akan diminta untuk memberikan nama pada program yang Anda buat beserta folder tujuan penyimpanan file dari program Anda.

4. Terakhir, klik Finish dan kompilator kita yakni Code Blocks sudah siap untuk digunakan.



  • NETBEANS
NetBeans adalah sebuah proyek kode terbuka yang sukses dengan pengguna yang sangat luas, komunitas yang terus tumbuh, dan memiliki hampir 100 mitra (dan terus bertambah). Sun Microsystems mendirikan proyek kode terbuka NetBeans ini pada bulan Juni 2000 dan terus menjadi sponsor utama.
Saat ini terdapat dua produk : NetBeans IDE dan NetBeans Platform.
The NetBeans IDE merupakan sebuah lingkungan pengembangan - sebuah kakas untuk pemrogram menulis, mencari kesalahan dan menyebarkan program ,mengompilasi. Netbeans IDE ditulis dalam Java - namun dapat mendukung bahasa pemrograman lain. Terdapat banyak modul untuk memperluas Netbeans IDE. Netbeans IDE adalah sebuah produk bebas dengan tanpa batasan bagaimana digunakan.
Tersedia juga NetBeans Platform; sebuah fondasi yang modular dan dapat diperluas yang dapat digunakan sebagai perangkat lunak dasar untuk membuat aplikasi desktop yang besar. Mitra ISV menyediakan plug-in bernilai tambah yang dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam Platform dan dapat juga digunakan untuk membuat kakas dan solusi sendiri.
Menu pada Netbeans

Notepad++
Notepad++ merupakan sebuah penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode sumber berbagai bahasa pemrograman. Notepad++ didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas.

Daftar Bahasa Pemrograman yang Disupport Notepad++

1.       ActionScript, Ada, ASP, Assembler, autoIt
2.       Batch
3.       C, C++, C#, Caml, Cmake, COBOL, CSS
4.       D, Diff
5.       Flash ActionScript, Fortran
6.       Gui4CLI
7.       Haskell, HTML
8.       Berkas INI, InnoSetup
9.       Java, Javascript, JSP
10.   KiXtart
11.   LISP, Lua
12.   Makefile, Matlab, MS-DOS
13.   NSIS
14.   Objective-C
15.   Pascal, Perl, PHP, Postscript, PowerShell, Properties file, Python
16.   R, Resource file, Ruby
17.   Shell, Scheme, Smalltalk, SQL
18.   TCL, TeX
19.   Visual Basic, VHDL, Verilog
20.   XML
21.   YAML



2. Daftar Bahasa Pemrograman




No.
Nama Bhs Pemrograman
Level
Fungsi
Compiler
1
Assembly
Low
Dapat digunakan untuk memprogram mikroprosessor, komputer, mikrokontroler, dll
Flat Assembler (FASM), GoAsm, NASM, Tasm
2
C++
Medium
Bahasa standar untuk membuat system operasi dan aplikasi desktop.
DevC++, DJGPP , Turbo C++ Explorer, Borland C++, PathScale, Open64
4
Java
High
Membuat program
GNU Java, Javac
5
Pascal
High
Pascal merupakan bahasa pemrograman yang terstruktur, sehingga sering digunakan sebagai sarana awal untuk mempelajari teknik pemrograman komputer.
Free Pascal, HP Pascal, Kylix, Microsoft Pascal, Turbo Pascal, Vector Pascal
6
PHP
High
Dasar pembuatan website, design web
Phalanger, phc
7
Phyton
High
Membuat program, pemrograman berorientasi objek, pemrograman imperatif, dan pemrograman fungsional
Psyco, Shedskin, PyPy



Tidak ada komentar:

Posting Komentar