Rabu, 23 April 2014

Welcome Linux, Bye Windows (Thanks to BLC Klaten especially Mbah Suro :D )

       
Selamat pagii... Semangat pagii... Selamat menjalankan aktivitas semuanyaa :D

            Udah rehat berapa taun ini blog ya. Terakhir waktu liburan semester kemarin yang postingannya semua tentang ubuntu server, owncloud dan segala perangkatnya mengenai ubuntu. Dari pelajaran waktu 1 bulan karantina di BLC Telkom Klaten kemarin, I was really say thanks to all of people there. Because now, I was addicted about ubuntu :D Padahal kemarin pas di BLC ogah2 an gitu, dari lima belas penduduk yang tinggal disana saya sendiri yang cewek. Terus juga kadang pelajarannya malem2, mana bisa cewek belajar mikrotik dari jam 11 sampai pagi? :O pengeeennnnn buangeeeetttttt siiiiihhhh cuman mau gimana lagi. Terima nasib jadi cewek. Magrib harus pulaaaaaang rumaaaah kalau nggak nyawa, tabungan, dan segala fasilitas dari bos geng melayang entar. 


         Beberapa keuntungan yang aku dapetin dari orang- orang di sana pertama, orang- orang di sana itu kebanyakan belajarnya nggak dari bangku kuliah. Mereka lulus SMA atau SMK atau malah kuliah dijurusan yang bukan ilmu komputer atau tehnik informatika atau sistem informasi atau ilmu teknologi tapi MEREKA PINTER, AHLI DAN UDAH PRO KALAU DITANYA SOAL DUNIA PEROPREKAN GADGET, JARINGAN, BAHASA PEMROGRAMAN ATAU MALAH DUNIA HACK MENGHACK AN. Kok bisa? Saya yang baru kuliah semester 2 di Teknik Informatika aja ga ngerti gimana cara crimping kabel LAN. Dikasih tugas sama dosen bikin enkripsi aja udah nyerah. Disuruh ngoding aja udah selonjor. Dan yang lebih parahnya lagii instal ulang laptop sendiri aja ga ngerti. Bener- bener kebangetaaaaaaaannnnnnnnnnn >.< Tapi tenang sekarang udah bisa dong. Berkat mbah, mas- mas disana dan tentunya adik- adik PKL yang udah berbaik hati mengajari saya yang udah kuliah di jurusan TI tapi nggak ngerti apa- apa tentang komputer. Malu sih malu. Tapi mau gimana lagi. Emang kenyataannya begitu :D Kan semua itu butuh proses. Kalau proses untuk menjadi pinter itu cuman ngandelin dosen ceramah, ngasih tugas yang nggak tau itu tugas fungsinya buat apaan gimana mau lancar itu proses. Hahahaha. itu dulu gue banget :D Maklum belum move on dari jurusan yang ada di belakang kampus saya. Mereka udah dikasih fasilitas bandwidth yang LUMAYAN GEDHE. Iya LUMAYAN! SANGAT LUMAYAN!!! Mungkin bandwith BLC sama puskom lantai bawah(bukan tempat server) gedhe an di sana kalik. Mau download apa aja terserah. Iya terserah penggunanya juga. Lo mau pinter di sana apa cuman mau download in film doang? :D Udah dikasih fasilitas, dan terserah kalian mau manfaatin fasilitas di sana apa enggak. Jadi biasanya pertama kali ntar dibilangin sama mbah hari ini disuruh belajar ini. Fasilitas lengkap. Mau baca buku disitu aja. Kalau ada kesulitan tanya mbah google. Kalau mbah google nggak bisa baru tanya saya. Gitu. Jadi di sana itu intinya kita sharing, belajar bareng. Terus juga kerjanya pake sistem remoote. Gatau sistem remoote? Googling duluuu sanaaahhhhhh. 


            Dulu sempet pernah karena ada satu anak yang bisa install. Terus diinstal di server. Terus ternyata salah install. Dan anak- anak udah terlanjur ngremoote. Dan akhirnyaaaaa harus ngulang dari awal lagi :D Biasa biasa, semua itu butuh pengorbanan. Mendaki ke puncak itu nggak bisa sesantai jalan ke pantai! Semua itu baru terasa sekarang. Disiplin saat di depan laptop itu perlu! Bahkan sangat urgent. Biasanya dulu kalau buka laptop, langsung online. Ngerjain tugas. Dan bahkan kita sendiri gatau tugas itu fungsinya buat apa. Yang kita tau, kita ngerjain tugas biar IPK kita bagus terus bisa dapet beasiswa. Kalau kata mas- mas nya 
IPK itu buat opo to dek? Nek kita nggak ahli terus ahli ne mung teori tok terus nggo ngopo? Rugi le mu kuliah. Ra ngerti opo- opo. Sesuk kerjo ne piye? Opo arep mangan IPK? :v 
Bener juga sihhh kata mas- masnya. Makanya sekarang saya mau lebih disiplin deh. Ngerjain tugas yaaa semaksimal mungkin. Tepat waktu. Tapi juga nggak usah ngoyo banget laaaahhh. Ini ilmu yang membutuhkan skill. Bukan teori! Di BLC kita dikasih ilmu secara cuma- cuma alias gratis! Siapa sih yang nggak mau gratisan buat pinter? Jadi, untuk jadi pinter kita nggak bisa instan! Butuh perjuangan. 
Aku ngasih gratisan iki nggo kowe- kowe kabeh. Ning koe yo kudu sregep disiplin. Ra facebookan wae. Ra nge game wae. Untuk jadi pinter semua butuh perjuangan. Aku nek kon ndulang koe yo wegah. Koe kabeh do bayar aku piro? Nek aku nge kek i ning workshop aku dibayar 20 yuto. Lha iki koe do gratis nek koe malesan yo wis karepmu! 
*kata-kata ini beneran ngejleb dan sampai sekarang masih keinget. Iya mbaaahhhh... Makasihhhh banyaaaaakkk mbahhh atas ilmunyaaaa aku janji nggak akan malesan lagiiiii :3

              Terus di sana, saya jadi kenal sama yang namanya linux. Padahal dulu nggak ngerti sama sekali. Lagi- lagi saya malu, saya ini akan TI macam apaaaa >.< Ditanya in dulu belum pernah nyoba linux blas? Belum mbaah.. Dulu saya masih terkungkung dan terpenjara di windows :3 . Disana emang diwajib kan buat pake linux. Soalnya emang yang punya BLC adalah salah satu developer linux. Pas ditanyain kenapa make linux? Terus beliau jawab?
Kamu make windows asli apa enggak? | Enggak mbah. Ini crack2 an| :v 
Ada juga yang gini:
Kamu make windows asli apa enggak? | Asli kok mbah| Terus kamu masih pake crack nggak buat idm? | Masih mbah ._. | :v
Disana belajar tentang ubuntu khususnya ubuntu server. Dari mulai instalasinya terus instal- instal cms- cms gitu (soalnya mau dibikin web server). Terus jadi kenal sama yang namanya ngoprek Drupal, Slims Cendana, Wordpress, Owncloud, Joomla, Moodle, Mediawiki, prestashop, bikin radio streaming. Tapi sekarang ini saya lagi proses buat belajar ngoprek2 terminal sama drupal :D Tapi dari bulan kemarin nggak ada perkembangan. Bener- bener ancuurrrrrr jadwal yang udah gue buaaaattt gara- gara tugas tugas yang tidak berperikemanusiaan >.<. Perkembangannya cuma upgrade ke ubuntu 14.04 -_____- Selain itu, saya juga jadi kenal sama dunia networking. Dari mulai crimping kabel lan, cara nembak wifi(teori), mikrotik(teori), macem- macem antena(teori), cara ngatur IP. Tapi kemarin itu dapet ilmu lagi pas magang asisten di labkom yaitu cara ngatur IP di router. Yeaaayyyy dapet ilmu lagiiiiii :3 Jadi mungkin ada sedikit harapan buat saya di dunia perkomputeran ini. Dulu sempet putus asa sih hahahahha. Nggak bisa ngoding bahasa C sama java nggak papa deh masih ada banyak jalan kok di dunia IT :D Mungkin suatu saat saya bisa pro di dunia pemrograman web? Atau mungkin malah penetrasi? Atau mungkin malah jaringan? Who knows? :D Pokoknya sekarang lagi expert sama yang namanya ubuntu. Udah nggak teritung lagi ini laptop instal ulang berapa kali gara- gara dual boot terus keasikan sama ubuntu terus windowsnya lupa di loader dan akhirnyaaaaaaaaaaaa blue screen kalo nggak masa berlakunya habis :D Semoga saya bertahan di linux yaa.. Sukur- sukur 1 tahun lagi bisa move on ke backtrack. Amiiiiinnnnnn ya rabbaaaal alamiiiiinnnnnn :3

           Selain disiplin, satu lagi yang membuat saya kangen adalah kebersamaan di sana. Mungkin saya dulu nggak terlalu kenal sama mas- mas and adik2 disana. Tapi 2 minggu pas udah mau selesai malah akrab banget. Sama mbah juga malah :D Maklum laahhh dulu cewek sendiri, nggak ngerti apa- apa, ikutnya kelas pagi doang dan kalau misal ada kelas malem juga paginya ujung- ujungnya nggak ngerti kalau dijelasin. Soalnya ya gitu dehhhhh ngga praktikum. Yang paling nyesel itu duluu pas praktikum mikrotik! Sumpah itu salah satu hal yang paling mengecewakaaann. Soalnya nggak ikut praktikum! Cuma berhasil instal winbox doang. Habis itu nggak tau masang- masang kabel nya gimana :|

           Thanks to Mbah Suro, Mas Gangsar, Mas Ganjur, Dek Ian, Dek Aldi, Dek Hamdan, Dek Nassrurohman, Dek Mirna, Dek Okni, Dek Faqorin, Dek Irwan, Dek Tia, Dek Agus, Dek Riskya, Dek satunya lagi aku lupa namane, sama adik- adik yang satu angkatan sama Mirna yang cowok- cowok itu aku juga lupa namane :D Hahahaha makasih yaaa.. Saya bener- bener salut sama kalian anak- anak SMK udah jago kayak begini. Nggak komplain deh suatu saat anak SMK lebih dibutuhin di dunia kerja dari pada anak S1 yang sama- sama TI tapi suruh masang router aja nggak ngerti caranya gimana. Mungkin suatu saat lagi pas kalian semua udah sukses bakal ada reunian alumni BLC Klaten hihihi.
   
   

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    BalasHapus