Jumat, 19 Februari 2016

Instalasi Aplikasi Pemilu Quick Count

SMS Gateway di sini sebenarnya udah ada dari jaman bahulak. Udah out of date memang. Tapi jangan salah, ternyata sms gateway masih banyak digunakan untuk proses quick count. Ada yang belum tau proses quick count? Itu lho quick count yang biasa di pemilu- pemilu. Kadang hasil quick count pun nggak jauh jauh dari hasil pemilu. Kok bisa? Karena quick count menempatkan relawan di TPS- TPS yang ada di suatu wilayah. Jadi relawan- relawan tersebut ditempatkan di berbagai basis partai politik. Oke disini saya bukan mau ngasih kuliah umum tentang quick count karena saya sendiri baru ngeh kemarin hahaha :v tapi saya mau ngasih tau cara pakai aplikasi pemilu quick count ini

Prinsipnya sama sih kayak mindahin file ke web server biasa :v
1. Untuk link download nya saya ambil di repository BLC Telkom Klaten. Untuk para penghuni BLC Telkom Klaten, silahkan untuk download di repository lokal. Untuk penghuni bumi dan penghuni alam bawah sadar, nggak tau harus download dimana :v Pas saya cari di mbah gugel ternyata ini aplikasinya harus beli dulu :v Yaudah ya.. Terima saja :v
2. Nah kalau udah pindahkan file pemilu.zip ke server dengan scp. Lalu pindahkan ke /var/www/html nya
3. Kemudian ekstrak. Maka akan muncul file file di dalamnya

4. Lalu masuk ke folder config kemudian buak file koneksi.php dan sinkronisasikan dengan punya kalian. Ohiya jangan lupa database pemilu nya dibuat dulu. 

5. Nah kalau udah, masukkan sql yang ada di folder database. Terdapat file pemilu.sql kemudian import. 

6. Ohiya jangan lupa setting database di /etc/gammu-smsdrc. Database nya di sesuaikan. tadi kan namanya pemilu. Yaudah yang ditulis namanya pemilu.

7. Kalau udah coba ketikkan ip server/playsms maka akan muncul halaman login seperti ini

8. Isi username: admin, password: admin. Maka akan masuk ke aplikasinyaa ._.

9. Nah coba kita kirim sms. Klik Kirim sms. Oya kita harus menambahkan nomor orang tersebut di phonebook.

10. Kalau udah coba kirim sms

11. Just wait and see! Tunggu ada sms masuk nggak ._. Nggak nyampe semenit ada sms masuk nih. Siapa? Pacar? Bukan. Indosat? Bukan. Lha? anuu ._. ada sms nyasar :v


Bisa kan ya. Besok saya akan posting interface bikinan saya sendiri. Cuman pake php kok. Gampang wkwk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar