Kamis, 18 Februari 2016

(Instalasi Gammu) Membuat SMS Gateway dengan Raspberry Pi

Hmmm oke lanjut ke postingan ke brapa ya ini lupa haha. Projekan ini sebenernya udah lama saya bikinnya. Tapi lagi sempet posting di blog wkwk. Karena sekrinsyutan sudah numpuk dan mintak di posting jadi yaa apa boleh buat. Kemarin- kemarin kita udah oprek raspberry pi dari mulai setting di mikrotiknya, konfigurasinya, sampai yang terakhir kemarin install web server di raspberry pi. Nah sekarang saya ingin bikin raspberry pi ini agar bisa bermanfaat bagi nusa dan bangsa. Yaitu dibikin sms gateway. 
"Apa sih sms gateway?"
Jadi sms gateway itu merupakan aplikasi yang digunakan untuk menerima dan mengirim sms.
"Kenapa harus pake sms gateway kalau misal pake hp aja langsung bisa?"
Hmmm.. ini nih yang dulu pas pertama muncul di pikiran saya haha. Cupu banget :v. Jadi, aplikasi ini dibikin agar memudahkan para pebisnis atau siapapun yang pengen sms orang, baik itu orang yang dia kenal ataupun yang nggak dia kenal secara massal. Misal kayak sms indosat tiap pagi. Nah kan ketauan yang jomblo sering nungguin sms dari sang gebetan ternyata dari indosat :v. Kemudian kita pengen mendata sapa aja sih yang kita sms, inbox, sent item, outbox agar bisa di simpen di hardisk. Terus jugak kita bisa membuat sms auto replay misal ketik REG spasi DUIT kirim ke 8998 dipastikan duit anda akan bertambah 10 kali lipat :v Kemudian kita bisa bikin sms terjadwal. Nah ini sedikit tips bagi para jomblo yang pengen keliatan perhatian buat gebetannya.  Kita set jam 4 buat bangunin dia subuh. Dijamin, sana bakalan klepek- klepek wakakak.

"Wah.. pengen nih bikin sms gateway kayak gitu. Caranya gimana mbak?"
Ohh pengen? Bayar sek! Nggak nggak, karena saya baik jadi akan saya kasih tutorialnya. Bikinnya pake Gammu. Apa itu Gammu? Bisa dibaca di website resminya DISINI. Di baca yang bener!!

"Alah mbak e ngapusi. Ndi mbak buktine. No pic hoax!"

Ini nih bukti kalau saya praktek. Bukan cuman omdo. Jadi Insya Allah ini berdasarkan pengalaman saya pribad. Ciyusss ._.
Caranya:
1. Beli mi ayam, es teh sama es krim dulu. Buat apa? Buat saya soalnya lagi laper nih ._.
2. Siapkan raspberry pi yang telah diinstall web server, mikrotik, modem dan laptop.
3. Nah untuk modem, bisa dicek nih di http://wammu.eu/phones/ support nggak modemnya.
4. Kalau udah, silahkan keluar! Loh nggak nggak :v Kalau udah silahkan remote raspberry pi nya. Kemudian masuk mode root. Dan ketikkan apt-get install gammu python-gammu gammu-smsd

5. Setelah proses install berhasil maka cek port modem kita masuk ke port yang mana dengan cara ketikkan dmesg | grep tty. Oh ternyata masuk ke port ttyUSB0.

6. Kemudian kita konfig dulu dengan cara gammu-config

7. Maka akan muncul seperti ini. Sesuaikan port. Kalau saya tadi kan portnya terdeteksi sebagai ttyUSB0 jadi ya ditulis aja. Kemudian connection nanti disesuaikan.

8. Kemudian ketikkan gammu --identify. Hal ini berfungsi untuk mengecek apakah modemnya detect atau nggak. Nah disini ada biodata yaelah biodata :v dari modem kita. Kalau keluar biodatanya maka modem tersebut support untuk gammu dan dapat dipake. Nah disini ada connection nah ini dimasukkan ke gammu - config tadi.

9. Nah setelah itu coba test kirim sms dengan cara sebagai berikut echo "PESAN YANG INGIN DIKIRIM" | gammu --sendsms TEXT NOMORTUJUAN

10. Nah, tunggu sebentar. Lalu lihat apa yang terjadi. Anda akan mendapatkan sms yang kita ketik di console. Subhanallah :D. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar