Kamis, 18 Februari 2016

(Konfigurasi Gammu dengan Mysql) Membuat SMS Gateway dengan Raspberry Pi

Nah kalau postingan sebelumnya kita cuman baru install gammu, sekarang kita mau mengintegrasikan dengan database. Buat apa? Masih nanya -_- Ya biar outbox, inbox, sent item nya ke record di database. Sebenernya dari gammu sendiri udah enak. Udah ada databasenya. Jadi kita tinggal import ke mysql nya. Bisa lewat phpmyadmin atau lewat mysql langsung. Kalau lewat phpmyadmin udah biasa kali ya. Tinggal bikin database baru terus import terus udah jadi. Nah sekarang saya mau kasih tau gimana caranya masukin database lewat mysql consolenya wkwk.
1. Ohiya letak direktori sqlnya ada di /usr/share/doc/gammu/examples/sql/. Disana ada macam- macam database yang bisa kita import. Kalau mau pake sqlite kita gunzip yang sqlite.sql.gz. Kalau mau pake postgre kita pake yang pgsql.sql.gz. Nah, karena kemarin kita di web server install databasenya pake mysql yaudah pake mysql aja :v 

2. Kita ekstrak mysql.sql.gz nya dengan cara gunzip mysql.sql.gz. Setelah itu masukkan perintah mysql -u root -p. Artinya, kita pengen masuk ke mysql console. -u artinya username kita apa (kalau saya username mysql= root). -p artinya password kita apa. Kemudian masukkan password mysql. Nah, masuk ke mode mysql. Sekarang kita bikin database baru dengan nama gammu. Caranya, create database gammu. Setelah itu ketikkan quit untuk keluar dari mode mysql.

3. Nah sekarang import sql ke database yang telah dibuat dengan cara sebagai berikut

4. Masuk ke mode mysql lagi. Coba dilihat apakah tabel- tabelnya udah masuk apa belum?. Untuk masuk ke database gammu, kita menggunakan perintah use gammu. Untuk cek table kita pakai perintah show tables. As you see the table has been here now ._.

5. Coba kita cek di phpmyadmin. Inget. Phpmyadmin yang ada di raspberry pi. Bukan yang di localhost -_-. As you see the table has been here now ._.

6. Kalau udah, ketikkan nano /etc/gammu-smsdrc. Kita sesuaikan databasenya. 

7. Nah udah tuh. Sekarang tinggal kita start aja service nya. Dengan cara /etc/init.d/gammu-smsd start

8. Sudah. Sekarang coba kirim sms seperti format yang di postingan kemarin. Tunggu, dan lihat hasilnya. Your message will be recorded there ._.

Mbak, kalau misal mau kirim sms apa yo ndadak harus lewat terminal gitu?
Nah ini. Ini pertanyaan yang saya suka. Untuk postingan selanjutnya, saya ingin mengenalkan suatu interface yang ada di client yang memudahkan kita untuk mengirim sms, lihat inbox dll. Bisa bikin sendiri, ataupun pake cms yang udah ada. Tungguin yak ._.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar