Jumat, 19 Februari 2016

(Instalasi PlaySMS) Membuat SMS Gateway dengan Raspberry Pi

Haloo...
Kemarin saya janji mau sharing tentang aplikasi yang memudahkan kita untuk bersms gateway ria wkwk. jadi kita bisa lihat kotak masuk, kotak keluar, kotak terkirim dan lain lain. Nah kali ini saya akan sharing tentang aplikasi playsms. Playsms merupakan interface yang berfungsi sebagai penghubung antara gammu dengan client. Nah untuk tau lebih jelasnya bisa lihat di web resminya di http://playsms.org/ . Oke kali ini saya akan sharing tentang cara install playsms di raspberry pi. Langsung saja yak
1. Siapkan raspberry pi, mikrotik, modem dan laptop jangan lupa. Ohiya raspberry pi nya yang udah install gammu yak ._.
2. Remote raspberry pi via ssh kemudian instal apache2, mysql, php seperti gambar di bawah ini. Kalau misal udah, coba tetap di tambahkan mungkin ada beberapa php yang belum terinstall

3. Kemudian ketikkan php5enmod mcrypt setelah itu restart apache nya


4. Lalu buat database dengan nama playsms. Cara bikinnya langsung ketikkan ip nya di browser kemudian /phpmyadmin seperti biasa


5. Kalau sudah download file playsms nya di website resminya. Kemudian copy ke server dengan perintah scp


6. Setelah itu ekstrak. Kemudian masuk ke dalam folder. Kita lihat banyak file di dalamnya. Kemudian ganti file install.conf.dist menjadi install.conf dengan perintah cp install.conf.dist install.conf


7. Kemudian masuk ke install.conf dengan perintah nano install.conf. Sesuaikan dengan settingan database kalian. 

8. Kemudian cari file rc.local. Caranya ketikkan whereis rc.local maka akan muncul lokasi dimana rc.local ada. Nah setelah di whereis maka ternyata ada di /etc/rc.local. Setelah itu masuk ke nano /etc/rc.local. Tambahkan /usr/local/bin/playsmsd start sebelum exit0.

9. Setelah itu install playsms. Caranya ./install-playsms.sh 

10. Kemudian tekan y. Oya kali ini kalian harus masuk mode root. Baca konfigurasinya dan sesuaikan. Tunggu proses penginstallan hingga selesai.

11. Nah, proses install sudah selesai. Kita nggak perlu untuk merestart service nya manual. Karena tadi pas di rc.local kita udah mengintegrasikannya di awal. Jadi, kita nggak perlu menghidupkan service secara manual seperti gammu. Tapi kalau misal pengen manual juga gapapa sih hehe :v

12. Nah, playsms telah terinstall. Untuk pengecekan kita ketikkan ps ax | grep playsms. Buat apa? Buat ngecek kalau playsms itu udah berjalan di server kita.

13. Kemdudian coba cek status nya dengan playsmsd status. Ohh udah jalan. Coba cek lagi dengan perintah playsmsd check. Ohhh fix baguss. Lanjutkaan.

14. Nah sekarang coba lihat phpmyadminnya. Coba cek database playsms nya. Cieee udah ada isinya :v

15. Nah sekarang masuk ke browser. Tulis ip server/playsms. Taraaaaaa. Jedul deh form login playsmsnya ._.

16. Masukkan username: admin. password: admin. Kemudian masuk ke tampilan pertama. Nah sekarang kita tinggal mengkonfigurasikan dengan gammu yang telah kita install.


17. Nah cara mengkonfigurasikan gammu dengan playsms juga sangat mudah. Pertama, manage gateway and SMSC di klik. Jangan lupa service gammu nya di start dengan cara /etc/init.d/gammu-smsd start.

18. Kemudian klik pada gambar folder.

Lalu copy direktorinya /var/spool/gammu/ 

19. Lalu back. Kemudian klik tanda "+" maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Kemudian sesuaikan. Gateway gammu, SMSC name gammu, dan Spool folder di /var/spool/gammu (di paste aja ._.)

20. Kemudian save. Maka ada tulisan new SMSC has been added.

21. Setelah di save konfigurasi SMSC yang tadi, maka masuk ke Settings kemudian Main Configuration. Lalu pada Default SMCS gammu.

22. Nah, setelah itu coba kita tulis sms ._. 

Yeey ^^ proses install playsms telah selesai ^^ Coba di send. Yeeey terkirim ._.
Oya kalau misal nggak bisa, mungkin koneksi ke gammu nya yang belum sempurna. Kalau misal kayak gitu, usahakan settingan gammu nya di default aja seperti gambar di bawah ini.

Selamat mengoprek ria ._. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar