Minggu, 24 Januari 2016

Cara Install FastPlaz di Lazarus

Hi!
Kali ini saya akan sharing mengenai cara install fastplaz di lazarus. Bagi sebagian orang mungkin belum ngerti apa itu fastplaz. Saya aja baru akhir- akhir ini ngertinya Yang pengen tau mengenai fastplaz bisa langsung buka di website resminya fastplaz.com. Yang jelas fastplaz itu merupakan web framework berbasis pascal. Hah? Pascal dibikin web? Emang bisa? :O Nah itulah yang ada di pikiran saya pertama. Bukannya pascal itu kayak c gitu ya dicompilenya pake compiler. Gimana caranya? Nah ternyata bisa. Sistemnya pake webplaz. Jadi kita harus ngimport package gitu namanya webplaz baru bisa. Ohiya yang ini pakenya free pascal. Bukan turbo pascal 16 bit yang biasa dipake itu yang kita harus install Dosbox atau install turbo pascal tapi pake free pascal. 
Oke lanjut ke FastPlaz. Nah web framework berbasis pascal ini dikembangkan oleh pak Luri Darmawan dan pak Agung Wicaksana. Sistemnya kayak framework- framework biasa sih. Pake model MVC gitu. Bedanya kalau ini kita harus compile dulu soalnya kita pakenya lazarus. Semacam compiler buat freepascal. Jadi hampir mirip gitu sih sama java spring yang dulu pake netbeans. Jadi kalau udah koding terus compile. Baru dibuka di browser. Oke langsung saja, saya akan sharing mengenai cara install fastplaz. Ohiya kali ini saya terpaksa pake windows karena lazarus saya yang di linux kayaknya ada error dependensinya deh lagi males oprek benerin lazarus. 
Lanjutt
1. Jadi, pertama siapkan lazarus. Belum tau cara instal lazarus silahkan buka di postingan saya sebelumnya.
2. Buka lazarus kemudian buka menu bar instal/ uninstall package. Kemudian pada bagian kanan klik webplaz. Kemudian save and rebuild IDE. Kenapa kita harus install webplaz? Karena untuk install fastplaz, kita harus instal fcl- web dulu. Nah, fcl web nya itu ada di webplaz. Gitu sih menurut sepahaman saya. 

3. Kalau compilenya berhasil, maka akan success. Terus download dulu fastplaznya di web resmi fastplaz.com. Cari yang fastplaz master. Kalau udah di ekstrak. Nah isinya kayak gini,


4. Nah sekarang tinggal install fastplaznya. Caranya buka tools/fastplaz_runtime.lpk di lazarus. Kemudian compile


5. Kalau sudah buka tools/fastplaz_tools.lpk di lazarus. Kemudian compile

6. Kalau proses compile udah sukses maka ada perintah untuk rebuild lazarus maka klik yes

7. Maka lazarus akan terrestart dan fastplaz telah terinstall. Ups ini cuman cara instalnya doang lho masih ada cara bikin project baru, connect ke database dan lain lain. Karena di web resminya nggak ada dokumentasi kayak framework-framework lain maka akan saya usahakan untuk mendokumentasikannya di blog ini biar yang mau nyobain FastPlaz nggak kesusahan kayak saya pas pertama >.< Nggak ada dokumentasi, tau tau suruh coba dan cuman berbekal link yutub dari pascal indonesia suruh bikin aplikasi. Tapi untung saya di bimbing salah satu kontributor nya sih tapi juga suruh cari2 sendiri jugak. Om cahyo cuman jelasin dikit -_- Oke sampe jumpa di tutorial selanjutnya. Semoga saya bertahan pake framework ini ya om wkwkwk



1 komentar: