Minggu, 24 Januari 2016

Struktur Direktori FastPlaz

Oke kemarin udah sharing mengenai cara install dan bagaimana membuat project baru di fastplaz. Nah sekarang saya akan sharing mengenai struktur direktori dari FastPlaz itu sendiri sepengetahuan saya. Sebenarnya kalau udah install fastplaz kita bisa lihat kok penjelasan struktur direktorinya di fastplaz_master/public_html/modules/structure. Penjelasan ini saya tau nya juga barusan -_- di website resminya pun nggak ada. Pas oprek- oprek eh tau nya ada file ini. Yasudah biar pada jelas saya coba terangkan satu persatu setau saya yak.
Jadi kalau kita sudah download file masternya FastPlaz di fastplaz.com atau di githubnya kita akan dapat suatu folder dengan struktur sebagai berikut

Nah ada 4 folder dan beberapa file txt.
1. Folder docs itu isinya hanya penjelasan mengenai config database dan diekspor ke json
2. Folder FastPlaz isinya library- library yang dapat kita gunakan saat develop nanti
3. Folder public_html (ini nanti yang kita copy kan ke folder htdocs atau /var/www). Adapun struktur direktorinya adalah sebagai berikut:
public_html
|-- config
|-- files
|-- locale
|-- modules
|   |-- your_module_1
|   +-- your_module_2
|-- plugins
|-- themes
|   |-- default
|   |   +-- templates
|   |-- other_theme_1
|   |   +-- templates
|   +-- other_theme_2
|       +-- templates
+-- ztemp
    |-- cache
    |-- error_log
    +-- sessions
-Config
Folder config digunakan untuk menyimpan file configurasi config.json, sementara ini diwajibkan diletakkan di folder ini. Jadi disinilah kita konfigurasi database.

-Files
Folder files masih merupakan opsional, mungkin suatu saat developer bisa menggunakan folder ini untuk menyimpan file, misal gallery foto dan sebagainya. Menurut saya ini sama kayak folder assets untuk menyimpan gambar.
-Locale
Folder locale ini merupakan..... sejujurnya gw juga gatau ini buat apaan -_- di dokumentasinya pun ga ada penjelasan buat folder ini wkwk
-Modules
Beberapa aplikasi akan mungkin mempunyai beberapa module yang masing-masing memiliki page-layout-nya sendiri. Dan dengan adanya folder modules, hal tersebut sangat dimungkinkan. Jadi menurut saya, ini itu kayak controllernya. Per foldernya didalamnya ada folder view yang menuju ke tampilan. Yang udah sering pegang framework codeigniter atau django mesti pada tau. Kalau di codeigniter biasa disebut controller. Kalau di django namanya view. Jadi ini kayak controllernya gitu untuk menuju ke halaman tampilannya. Kalau penjelasan saya salah tolong maapin ._.
-Plugins
gw gatau ini buat apa ._. Ilmu masih cetek wkwk
-Themes
Folder themes digunakan untuk menempatkan theme-theme anda. Sedangkan file layout html-nya sendiri ditempatkan di folder 'templates', untuk css maupun javascriptnya boleh ditempatkan di folder 'templates' atau di luarnya. Untuk file utamanya menggunakan nama master.html. Bukan index.html. 
-Ztemp
Folder ini isinya folder sementara gitu kayak folder temp biasa. Biasanya buat cache, session dll.

Nah, itulah yang bisa saya jelaskan mengenai struktur direktori dari FastPlaz itu sendiri. Kalau ada yang salah, tolong dikoreksi yak ._. sampai jumpa di sharing berikutnya ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar