Rabu, 06 Januari 2016

Setting Mikrotik Wireless RB941-2nD-TC hAP-Lite2 (Pembuatan Web Server Menggunakan Raspberry Pi PART 1)

Mikrotik RB941-2nD memiliki semua kebutuhan router dan gateway untuk segala kondisi jaringan. Memiliki 4 buah port ethernet, 1 buah access point embedded 2,4 GHz, antenna embedded 2x1,5 dbi. RB941-2nD hanya support Winbox 3.x dan tidak support PoE-in. (http://mikrotik.co.id/)
Kali ini, saya akan sharing mengenai pembuatan web server menggunakan raspberry pi. Namun, sebelum masuk ke tahap konfigurasi raspberry pi nya, tentu saja kita perlu ip untuk meremote server yang akan kita buat. Bagaimana caranya? Tentu saja kita harus terhubung dengan internet. Nah, kali ini kita menggunakan Mikrotik hap-lite. Mikrotik yang simpel dan mudah dibawa kemana- mana. Penampakannya seperti gambar berikut,
Nah langsung saja:
1. Pertama, colokkan kabel UTP ke port nomor 3. Lalu buka winbox (Untuk hap lite ini hanya support winbox 3). Setelah itu klik pada neighborhood dan pilih Mac Addressnya lalu masukkan usernam dan password (default username: admin, pass: -) lalu connect.
2. Kedua, pastilah kita harus setting interface nya terlebih dahulu. Di sini terdapat 4 port yang masing masing mewakili 1 interface. Terdapat ether1, ether2, ether 3 dan ether4. Nah masing masing diberi nama misalnya, internet (ether1), internet2(ether2), lan(ether3), dan server(ether4). Pada wlan1 default tidak aktif, tapi agar kita dapat mengakses internet kita harus mengaktifkan wlan1 nya terlebih dahulu.

3. Kemudian setting ip per interface dengan cara pilih IP pada bagian kiri, kemudian addresess. Beri ip sesuai dengan keinginan.

4. Agar wlan1 dapat aktif maka di setting terlebih dahulu. Klik Wireless lalu muncul wireless tables kemudian double klik pada wlan1. Kemudian masuk tab wireless ubah mode menjadi station bridge. Kemudian klik pada button scan untuk menscan ssid apa saja yang ada di sana agar kita dapat terhubung dengan jaringan wirelessnya. Nah akrena kita saat ini menggunakan speedy jadi yaudah pilih Speedy_admin@wifi.ih. Lalu connect. Dan setting an akan menyesuaikan sendiri. Kemudian ok
5. Kemudian setting firewall. Klik IP kemudian klik firewall lalu pilih NAT dan ubah action menjadi masquarade. Lalu ok.
6. Ohiya biar enak dibuat dhcp servernya agar dinamis. Pilih ip lalu DHCP server dan pilih DHCP setup. Kemudian setting yang ingin di DHCP yaitu ether3 dan ether4.
7. Setelah itu coba ping google.com dari terminal mikrotik. Yeeeyy bisaaa ^^ Tapi coba dulu di terminal laptop. Bisa nggak? Bisa? Alhamdulillah. Nggak bisa? Tenang mungkin settingan di laptopnya. Kalau nggak bisa, coba edit connection terus add kemudian setting mac sama modenya jangan lupa dhcp. Oke kalau sudah langsung saja. Coba ping google.com. Atau buka google di browse yeeey bisaa ^^ 
8. Setting internet sudah bisa. Sekarang tinggal setting raspberry nya. Minum es dulu jangan sepaneng. Kalau udah mulai rileks bisa lanjut ke 
Pembuatan Web Server Menggunakan Raspberry Pi PART 2 ._.

7 komentar:

  1. Router keren nih, thanks tipsnya

    BalasHapus
  2. Kalo mao liat settingnya pake wizard quickset mikrotik, mampir ya sis

    BalasHapus
  3. Mikrotik Router Rb941-2nd-Tc gak suport buat user manager ya bank ,, biar bisa bikin voucer

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Kalau nggak bisa, coba edit connection terus add kemudian setting mac sama modenya jangan lupa dhcp. Oke kalau sudah langsung saja. Coba ping google.com.



    Sy gk paham deng dari situ bisa di jelasin gan

    BalasHapus
  6. Kalau nggak bisa, coba edit connection terus add kemudian setting mac sama modenya jangan lupa dhcp. Oke kalau sudah langsung saja. Coba ping google.com.



    Sy gk paham deng dari situ bisa di jelasin gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kalo di linux gan. edit connection yg dibagian taskbar.

      Hapus