Senin, 11 Januari 2016

Install Free Pascal dan Lazarus di Linux

Oke, kemarin udah pusing django sekarang suruh oprek Pascal. Yes, gue seterong! Harus ngulang pemrograman c jaman semester 1. Koding, compile, run!


Pascal adalah salah satu bahasa pemrograman komputer yang umumnya digunakan sebagai pengantar untuk mulai belajar algoritma dan pemrograman. Pascal relatif mudah dipelajari karena perintah-perintahnya yang mirip dengan bahasa inggris sehari-hari seperti begin, end, write, dan read. Pascal diambil dari nama ahli matematika prancis abad pertengahan, Blaise Pascal. Bahasa Pascal di kembangkan oleh Niklaus Wirth pada tahun 1970, dan populer digunakan pada era 1970 hingga awal 1990an. Dari awal dikembangkan, Pascal dirancang untuk keperluan akademik. Atas alasan itu pula Pascal masih digunakan di berbagai sekolah dan universitas di seluruh dunia (termasuk Indonesia). Pascal juga menjadi bahasa pemrograman yang digunakan pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang komputer. (http://www.duniailkom.com/)
Terdapat beberapa compiler Pascal yang terkenal. Antara lain Turbo Pascal  dan Free Pascal. Turbo Pascal adalah compiler bahasa pascal yang dibuat oleh perusahaan asal Amerika Borland. Tapi, Turbo Pascal udah cupu. Turbo Pascal versi terkahir (Turbo Pascal 7) dirilis pada tahun 1992 untuk sistem operasi Microsoft DOS (MS-DOS) yang dijalankan pada arsitektur 16-bit. Sehingga kita tidak bisa menjalankan aplikasi Turbo Pascal di sistem operasi modern seperti Windows 7 atau 8 yang menggunakan arsitektur 32-bit atau 64-bit. Biasanya kalau untuk praktikum pascal kita harus pake DosBox. Nah, penggantinya yaitu menggunakan free pascal. Free Pascal adalah aplikasi compiler pascal yang terus dikembangkan hingga sekarang secara sukarela oleh berbagai programmer dari seluruh dunia. Free Pascal dapat digunakan secara free. 
Nah berikut cara instal free pascal di backbox (turunan ubuntu. jadi kalau mau dipake di debian atau ubuntu bisa jugak).
1. Buka terminal. Ketikkan sudo apt-get install fp-compiler
2. Kalau udah, enter lalu tulis y kemudian enter. Tunggu sampai proses instalasi selesai.
3. Nah, untuk prosedur penginstalan free pascal udah selesai. Untuk mencobanya, kita harus membuat sebuah file pascal. Caranya, ketikkan nano coba.pas. Kemudian ketikkan syntax seperti dibawah ini. Ini merupakan koding pascal pertama. Kayak helloworld gitu wkwk. 
4. Nah kalau udah di koding maka lanjutkan di compile terlebih dahulu. Pascal hampir mirip sama bahasa c jadi harus di compile dulu baru di run. Caranya yaitu ketikkan fpc coba.pas
coba di cek apakah ada kodingan yang salah. Apabila ada dia akan ada notif error. Kalau udah kayak yang di atas maka nggak ada yang error.
5. Setelah itu di run menggunakan ./coba.pas. Jangan lupa untuk mengganti permissionnya terlebih dahulu dengan chmod +x coba.pas
6. Nah, setelah di koding, dan di compile maka sekarang di run. Cara nge run nya pun gampang. Tinggal ketik ./coba diterminal
maka akan muncul hasil running program yang kita koding tadi ^^ Hampir mirip sama gcc buat compile c yak.
7. Nah, kalau dulu pas awal semester 1 kita belajar c pake codeblock nah untuk pascal kita bisa pakai lazarus. 

Untuk cara instalnya gampang, yaitu ketik apt-get install lazarus di terminal. Dan untuk membukanya kita tinggal mengetikkan lazarus-ide
Kita bisa pake fpc langsung lewat terminal atau pake lazarus. Enak pake fpc langsung kalau saya hehe ^^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar