Selasa, 19 Januari 2016

Cara Reset Password Mysql

Selamat pagi ^^
Kali ini saya akan sharing mengenai cara reset password mysql. Kenapa harus kita reset? Karena hal ini bermula dari pengalaman saya kemarin karena lupa password root di mysql. Loh kok bisa lupa? Bukane kamu sering koding? Mesti pake mysql dong. Kok ini bisa lupa?. Huusst. Bukan servis di mysql laptop. Tapi di vps. Itu vps punya temen saya. Saya lupa ga nanya password mysqlnya. Karena saya chat nggak di bales- bales oke fix. Kita harus masuk safe mode dan meresetnya. Kalau orangnya marah? Bodo amat :p wkwkwk

Lanjuuut. Oke langsung saja.
1. Masuk ke root. Karena vps nya pake ubuntu server jadi langsung saja. Ngremote via ssh :D
2. Ketikkan sudo /etc/init.d/mysql stop di terminal. Fungsinya untuk mematikan servis mysql
3. Ketikkan sudo mysqld_safe --skip-grant-tables & ini berfungsi untuk masuk ke Safe Mode dengan menskip grant- tables atau user previllege. Jadi kalau misal kita lupa passwordnya kita tetap bisa masuk ke mysql nya.

4. Kemudian masuk ke mysqlnya . Ketikkan mysql -u root. Nah kita langsung bisa masuk ke mysql.
5. Terus ketikkan use mysql. Setelah masuk ke mode mysql, kita langsung bisa mengubah passwordnya. Dengan cara update user set password=PASSWORD("ketikkanpasswordbaru") where User='root'; Nah ini ni kita bisa ganti password sesuai dengan keinginan kita. 
6. Nah kalau udah tinggal flush privileges. Lalu quit. Kemudian stop dan start lagi service dari mysql tadi. 
7. Kalau pengen ngecek, tinggal ketikkan mysql -u root -p kemudian masukkan password. 
Nah udah terganti kan? Selesai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar